Tips membuat furniture custom

Posted on Updated on

Tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman selama memproduksi funtiure custom, Tidak ada penelitian ilmiah atau referensi buku/tulisan yang dipakai dalam membuat tulisan ini.

K18

Tips membuat furniture custom.

Memiliki rumah yang bagus dilengkapi dengan dekorasi dan interior serta furniture yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kita adalah idaman setiap orang.  Untuk mewujudkan impian tersebut terkadang terbentur dengan beberapa kendala, diantaranya adalah terbatasnya design dan produk pabrikan yang kadang kurang sedikit atau banyak dari idaman kita, entah itu terbatas di warna, terbatas di model yang kita inginkan, terbatas di ukuran furniture yang tidak sesuai dengan ukuran ruangan dan terbatas-terbatas yang lainnya. Karenanya, beberapa orang, untuk beberapa atau seluruh furniture di rumahnya memilih membuat furniture sendiri, di luar design dan produk yang sudah di produksi pabrikan.

Pembuatan furniture custom lebih mahal dari pada membeli furniture pabrikan, ada beberapa hal yang membuat hal ini terjadi, dan itu akan di bahas pada tulisan berikutnya. Agar tidak terbuang cuma-cuma uang yang di keluarkan, ada baiknya di perhatikan beberapa tips dibawah ini bila ingin membuat furniture custom.

h0

 

  1. Penyesuaian model/design dengan kebutuhan.

Kenali baik-baik model/design dengan kebutuhan akan furniture tersebut. Untuk model/design kita bisa melihat, mengambil atau mempadu padakan antara design yang satu dengan design yang lain. Kita bisa mengambil model/ design tersebut dari buku, majalah, search di google, lihat di sosial media (FB, instagram, blog, dan lain sebainya) bisa mengambil dari design furniture yang kita lihat atau kita bisa membuat sketsa sendiri furniture yang kita idamkan

Setelah kita mendapatkan beberapa model atau design yang kita inginkan, langkah berikutnya adalah kenali kebutuhan akan furniture tersebut, maksudnya adalah kenali baik-baik aktifitas yang sering dilakukan di sekitaran atau pada furniture tersebut. Contoh ingin membuat lemari penyimpanan buku,  lemari tersebut, selain untuk menyimpan buku yang banyak, juga untuk menyimpan koleksi (kaset, action figure, perangko, lego, kenang-kenangan perjalanan liburan dll). Atau lemari itu di pakai juga sebagai hiasan ruangan, sehingga harus berbentuk unik dan tidak membosankan. Karena lemari buku dan koleksi, harus di perhatikan bagaimana menyimpan buku dan koleksi agar tidak mudah rusak.

lemari sliding

2. Kenali material bahan yang paling cocok dengan furniture yang dibuat.

Bahan membuat furniture itu beragam dan banyak macamnya. Pemakaiannya sesuai dengan model/design furniture dan kebutuhan akan furniture tersebut. Selain itu juga di tentukan oleh anggaran yang dibuat. Macam-macam material bahan furniture bisa di lihat dengan search google, atau mengobrol langsung dengan orang-orang yang mengerti dan terbiasa membuat furniture. Dengan mengenal material bahan, kita bisa mempadu padakan beberapa material dalam satu furniture.

Contoh : Anda ingin membuat lemari buku, berarti harus memakai bahan yang kuat, dan tidak membuat lemari buku menjadi lembab, karena lembab dapat membuat koleksi buku menjadi rusak.

l0

3. Ukur ruangan yang akan di tempatkan furniture

Ukur ruangan dengan seksama, meliputi panjang ruangan, lebar dinding, tinggi ceiling, letak stop kontak, saklar lampu, saluran air, dan lain-lain yang ada di ruangan tersebut. Dalam hal mengukur ruangan bisa di lakukan sendiri atau di lakukan oleh orang yang terbiasa melakukan pengukuran ruangan.

Ukuran ruangan ini cukup penting dalam membuat furniture custom, karena tentu kita tidak ingin membuat sebuah furniture melebihi atau kurang alias tidak pas dengan ruangan yang ada.

contoh ingin membuat lemari buku, di ruang keluarga disebelah meja makan kita harus melakukan pengukuran dengan seksama, ruangan yang ada, berikut dengan furniture yang ada, jangan sampai lemari buku tersebut membuat jalan menjadi sempit, atau pintu lemari tersebut tidak bisa dibuka karena mentok dengan meja makan dan lain sebagainya.

ka1

4. Tentukan Anggaran.

Setelah menentukan model/design yang di sesuaikan dengan kebutuhan, serta menentukan material bahan yang dipakai, berikutnya adalah menentukan anggaran untuk membuat furniture. Cara termudah untuk menentukan anggaran adalah membawa sketsa design/foto design dengan ukuran kepada workshop atau tukang yang ingin membuat furniture.

1

5. Tentukan Workshop atau tukang yang akan mengerjakan furniture custom.

Setelah melakukan 4 hal diatas, nomor 5 adalah penentu apakah model/design furniture yang kita inginkan bisa terwujud atau tidak.  Saat ini ada banyak workhsop dan tukang di sekitaran kita, tempat beli material bahan sama, kemampuannya hampir sama, mesin yang di pakai hampir sama, kenapa harga nya bisa berbeda-beda ?

Jangan terkecoh dengan harga murah sudah cukup,atau harga mahal belum tentu pasti baik.

Tanyakan dengan baik dan cermat :

  1. Bisakah workshop atau tukang tersebut mengerjakan model/design yang kita inginkan
  2. Material apa yang di pakai, tanyakan material dasarnya (plywood, MDF, solid, dan sebagainya), tanyakan finishingnya (duco, HPL, melamic), tanyakan fitingnya (engsel, rel,  kunci-kunci dan lain sebagainya, menggunakan merk apa, tanyakan Aksesoris yang dipakai berbahan dasar apa, tanyakan waktu pengerjaannya.
  3. Sebaiknya disempatkan melakukan survei ke workhsop, agar benar-benar mengentahui letak workhsop atau tukang, karena tidak sedikit workhsop atau tukang yang lari setelah mendapatkan uang tanpa menyelesaikan pekerjaan sampai tuntas.
  4. Tanyakan dengan dengan baik dan cermat harga berdasarkan material yang dipakai, karena menjadi rahasia umum, ketika di tawar material yang dipakai berubah.
  5. Lihat referensi pekerjaan, bisa search di internet, atau lihat langsung ke workhsop atau lokasi pemasangan furniture yang pernah dikerjakan.
  6. Demi keamanan, sebelum furniture benar-benar terlihat bentuknya (entah di workshop atau di lokasi pemasangan,) jangan pernah melakukan pembayaran lunas.

Demikianlah sedikit tips membuat furniture custom, mungkin dikemudian hari akan ada penambahan atau pengurangan, semoga bermanfaat.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s